Membuat Speaker Murah ber-Kualitas HiFi




Kali ini saya akan membagikan bagaimana membuat speaker murah ber-kualitas HiFi.

Berawal dari keinginan punya speaker berkualitas tapi harga di pasaran rata-rata mahal akhirnya saya membuat sendiri bertujuan untuk menghemat uang sekaligus belajar membuat speaker.

Yuk kita mulai aja proses pembuatanya.

1. Bahan
    - Box speaker untuk 6" woofer dan  3.5" tweeter
    - Woofer ACR 610 6"
    - Tweeter ACR 701 3.5"
    - Crossover

2.  Menentukan titik Crossover yang akan dipakai.
     Untuk menentukan crossover kita perlu datasheet dari woofer dan tweeter yang kita pakai.

    - datasheet woofer
    
    
    - datasheet tweeter



Dari datasheet frequensi respon woofer adalah 56hz - 10khz dan frequensi respon tweeter 1khz - 15khz.
Diantara keduanya ada frequensi yang bertabrakan yaitu 1khz - 10khz maka diperlukan crossover, disini saya menggunakan titik crossover 3khz.

Sekarang kita hitung berapa komponen croosover yang digunakan dengan crossover calculator.



Dari metode First order butterwort titik crossover 3kz membutuhkan Induktor 0.4mH dan Capasitor 6.6uF

Sekarang lanjut menghitung attenuation / Lpad untuk mengurangi sensitifitas tweeter disini saya mengurangi 2.8db. Kita bisa hitung dengan Lpad calculator


Saya memutuskan memakai Lpad dengan 1 resistor dengan nilai 3ohm.

Kita lanjut membuat Notch Filter, notch filter dibutuhkan karna untuk meng-equalizer tweeter sehingga mempunyai frequensi respon yang flat.
Berikut perhitungan notch filter pada tweeter



Dari notch filter calculator kita  mendapatkan kombinasi Resistor 8ohm, Induktor 0.7mH dan kapasitor 30uF.

3. Perakitan crossover
Kita akan menggabungkan crossover 3khz, lpad 2.8db dan notch filter 1khz menjadi 1 skema, berikut gambarnya



Disini saya menggunakan 2 buah kapasitor 3.3uF yang di pararel dan 15uF yang dipararel karena lebih mudah dibeli dipasaran.

Untuk Induktor saya juga membuatnya sendiri dengan induktor calculator

   - induktor 0.4mH


   - induktor 0.7mH


4. Test speaker
Untuk test frequensi respon yang sudah dirakit saya menggunakan aplifier Noobsound NS-01G Pro dan handphone android dengan aplikasi Sound Level Meter, dan hasilnya seebagai berikut




youtube:




https://youtu.be/V7CFvHRru3A




https://youtu.be/Us1_3Nup7xY

5. Selesai
Selamat mencoba, Good Luck 

2 komentar:

Rifqi mengatakan...

Kok bisa menentukan crossover 3khz itu dari mana?

Rifqi mengatakan...

Kok bisa menentukan crossover 3khz itu dari mana?

Posting Komentar