Kriteria Website yang Baik dan Berfungsi


Apa gunanya sebuah website? Apa yang dapat dilakukan website untuk bisnis Anda? Apa saja yang harus ada di website?

Anda mungkin punya banyak pertanyaan tentang website. Semoga artikel ini dapat menjawab paling tidak sebagian dari pertanyaan Anda.
Intinya, website Anda harus dapat ;

1. Bercerita
Ya, website yang dapat bercerita. Maksud saya segala konten yang harus ada di dalam website Anda, seperti profil perusahaan, sejarah, katalog, jasa, atau kontak. Dan, Anda dapat berikan nilai tambah dengan memberikan artikel yang berkenaan dengan jasa/produk yang Anda miliki. Pengunjung pasti akan mendapati website Anda lebih menyenangkan untuk dikunjungi.

2. Menjawab
Anda dapat tenang dengan website Anda berisikan hal-hal yang biasa ditanyakan oleh client Anda. Halaman tanya-jawab ini biasa disingkat dengan FAQ (frequently asked question)

3. Mendaftarkan
Anda harus berikan newsletter atau registration untuk pengunjung website Anda. Hal ini penting karena Anda dapat menambahkan daftar relasi, calon klien, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk daftarkan bisnis Anda di social networking.

4. Memberikan Lokasi
Tempelkan peta dimana lokasi kantor, pabrik, atau showroom untuk memudahkan pengunjung menemukan Anda.

5. Berisi Kontak yang Jelas
Banyak website yang mencantumkan kontak yang tidak jelas. Pastikan halaman kontak di website Anda lengkap, jelas dan tidak salah.

6. Membuat Kredibilitas Anda
Jangan biarkan website Anda terkesan 'urakan' atau 'gembel' atau 'super lawas' karena hal ini sangat mempengaruhi kredibilitas organisasi Anda. Tidak hanya tampilan saja, namun perhatikan pula loading time, friendly error page, dan sebagainya.

7. Memiliki Prospek
Optimalkan halaman jasa/katalog produk Anda untuk pengunjung website Anda. Buatlah konten dengan kata-kata dan gambar persuasif. Jika mereka paham betul mengenai apa yang Anda tawarkan, tentunya Anda akan masuk ke daftar pembelian mereka.

8. Membuat Kesan yang Baik
Buatlah halaman awal yang user friendly dan navigasi yang baik. Jadikan pengunjung website Anda terkesan.

9. Mendatangkan Pengguna
Anda dapat beriklan di media on-line/off-line dan menggunakan social networking seperti facebook, linkedin, dan sebagainya untuk menjaring pengunjung sebanyak mungkin. Gunakan juga teknik search engine optimization (seo). Pastikan website Anda telah 'SEO Ready'

10.Menghasilkan Lebih
Ya, LEBIH. Lebih banyak pengunjung, lebih banyak peminat, lebih banyak pelanggan, lebih profesional, lebih kredibel, dan semuanya lebih positif dibanding sebelumnya. Inilah tujuan akhir, lebih banyak yang Anda dapat dari yang sebelumnya.
Untuk lebih jelasnya, Anda dapat hubungi konsultan atau website developer yang berpengalaman.
Web developer yang profesional akan menjawab berbagai pertanyaan Anda dengan memberikan detil teknis beserta aspek penting dan penunjang seperti advertising dan branding.

0 komentar:

Posting Komentar